Artikel

SEGERA MULAI LAKUKAN SESUATU

    Dibaca 1122 kali

Apakah anda memiliki masalah dalam menyelesaikan suatu pekerjaan? Mengapa Anda memiliki masalah? Terdapat berbagai alasan. Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah Anda harus berani memulai untuk menyelesaikan masalah.


Alkisah, seorang petani terpaksa membajak di sekeliling sebuah batu besar di salah satu petak sawahnya selama bertahun-tahun. Segala usaha telah dilakukannya dan hasilnya nihil. Batu tersebut telah mematahkan mata bajak dan cangkul miliknya. Semakin hari, keberadaan batu itu semakin menyusahkan hati si petani.

 

Suatu hari, setelah mata bajaknya kembali patah; ia teringat berbagai kesulitan yang telah dilaluinya. Iapun memutuskan untuk melakukan sesuatu. Ia menancapkan linggis ke dasar batu itu. Betapa terkejutnya dia karena ternyata tebal batu itu hanya sekitar 30 cm. Dengan menggunakan palu besar, batu itu dihancurkannya. Sambil menggeleng-gelengkan kepala, petani itu tersenyum. Ia malu pada dirinya sendiri. “Seharusnya saya dapat mengatasi batu ini sejak pertama kali saya temukan batu ini. Tentunya saya tidak perlu bersusah-susah sampai bertahun-tahun,” katanya.


Pada umumnya orang lebih memilih menunda untuk melakukan sesuatu yang sangat berguna bagi hidupnya dan sesamanya. Akibatnya, mereka sering mengalami kesulitan dalam hidup ini. Beban semakin berat, karena tumpukan pekerjaan atau masalah yang tidak pernah diselesaikan. Kisah tadi mengatakan kepada kita bahwa kita tidak perlu menunda untuk menyelesaikan suatu masalah. Kalau kita menunda, bayarannya akan lebih besar. Resiko yang diakibatkannya itu akan lebih besar. Petani itu telah membuang banyak waktu, pikiran dan alat-alat pertaniannya. Ia tidak berani mengambil langkah sejak awal. Ia menunda-nunda. Ketika ia berani mengambil tindakan, ternyata ia menemukan kemudahan dalam menyeleksaikan persoalannya.


Orang beriman senantiasa punya iman dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Karena itu, orang mesti berani mengambil tindakan yang cepat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau suatu masalah yang dihadapi. Dengan demikian, orang tidak perlu menimbun pekerjaan atau masalah dalam hidupnya. “Siapa senantiasa memperhatikan angin tidak akan menabur; dan siapa senantiasa melihat awan tidak akan menuai” kata seorang bijak (Pkh. 11:4).


Jangan pernah menunda apa yang seharusnya kita lakukan hari ini. Jangan sampai bahwa pada akhirnya yang datang hanyalah penyesalan tiada akhir. Anda tidak perlu menunggu berhasil untuk melakukan sesuatu, sebab Anda tidak akan berhasil, jika tidak mulai melakukan sesuatu. Tuhan memberkati. (Mauliutus)

 

Tragedi kehidupan terjadi adalah bukan karena hidup berakhir sedemikian cepat, tetapi karena kita menunggu demikian lama untuk memulainya.