Artikel

MENDAHULUI SEMUANYA

    Dibaca 333 kali

carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenaranNya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu  (Matius 6:33)

 

 

Semua manusia tentu berjuang untuk bertahan hidup. Ada yang bekerja menghalalkan segala cara demi tujuan duniawinya dan berakhir dalam terali besi. Firman Tuhan mengajar kita. Semua yang dikejar manusia sifatnya sementara dan pemberian cuma-cuma apabila sudah memiliki Kerajaan Allah. Suku Batak mengenal istilah 3H yaitu Hamoraon (kekayaan), Hagabeon (memiliki keturunan banyak) dan Hasangapon (kehormatan). Hal ini bersifat sebagai alat/sarana, seharusnya bukan dijadikan tujuan hidup setiap manusia. Apabila dimiliki tanpa kerajaan Allah maka semuanya akan menuju Hamagoan/kebinasaan. Tetapi jika  3H dimiliki dalam Kerajaan Allah, pemberian ‘cuma-cuma’ menuju Hagoluan (hidup kekal).

 

Yesus mengajar kita  untuk berkarya sesuai kebenaranNya dalam hubungan yang benar dengan Allah. Pengajaran Yesus ini, menuntut anak-anakNya berpikir dan berubah secara revolusioner. " ...carilah dahulu Kerajaan Allah...dan kebenaranNya", kita memang harus hidup mencari uang; untuk pakaian, makanan, dan minuman dll dengan disertai  hidup dalam Kerajaan Allah.

 

Yesus mengajar dan memelihara kita agar keluar dari sifat tamak, rakus dan hidup tanpa kuatir. Ia menyuruh kita menjalin hubungan yang benar dengan Allah terlebih dahulu. Dialah yang memelihara dan memperhatikan hidup kita serta jangan menempatkan kekhawatiran kebutuhan kita yang pertama. " ...Janganlah khawatir tentang hidupmu... " (Matius 6:25). Tuhan Yesus mengajar kita  bahwa dari sudut pandangNya, sama sekali tidak beralasan  bahwa kita khawatir, cemas akan hidup ini. Dia mengatakan bahwa ketika kita bahwa “Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepadaNya” (ayat. 8). Yesus mengajar kita untuk berdoa kepada “Bapa [kita] yang di sorga” (ayat 9). Kita memiliki Bapa yang senantiasa hadir bagi kita.

 

Yesus mengajak bahwa seorang murid harus membuat hubungannya dengan Allah sebagai prioritas utama dan mutlak. Apabila Sorga sudah diberi, kecil benar yang di dunia ini. Tuhan pasti memberi jika kita berkarya sesuai tanggungjawab kita. Oleh karena itu, Yesus menuntut disiplin kehidupan rohani kita, menundukkan roh kita untuk dibimbing dan dituntun Roh Kudus hidup sesuai kerajaan Allah di dunia ini.

 

Terima kasih Bapa, Engkau penuh kasih yang tidak pernah berpaling dariku. Engkau tahu kebutuhanku bahkan sebelum aku meminta. Engkau sumber kekuatan.

 

 

Bacaan Setahun: 1 Kor. 13: 8-4:5,   Keluaran 3: 6-12

 (Mauliutus)